11 December 2007

Revitalisasi Peranan Pemerintah Terhadap Eksistensi Guru

Revitalisasi Peranan Pemerintah Terhadap Eksistensi Guru

“….engkau sebagai pelita dalam kegelapan, engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan, engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa…” bait tersebut menunjukan betapa berharganya peranan guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Telah banyak orang-orang menjadi pintar dan cerdas dalam kehidupannya sehingga taraf hidupnya menjadi semakin meningkat. Berkat jasa yang diberikan oleh guru kita dapat merasakan indahnya membaca dan menulis. Seorang guru membantu memapahkan anak didiknya dengan sabar ketika tidak bisa menulis huruf dan angka juga membaca.
Peranan guru sangat penting dalam meningkatkan kredibilitas anak bangsa. Besarnya peranan guru dapat dirasakan ketika kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dibom oleh sekutu, bahkan pertanyaan pertama dari seorang Kaisar Jepang adalah berapa jumlah guru yang masih hidup.
Pemerintah merupakan salah satu tameng pelindung guru. Menurut saya ada 2 jenis peran pemerintahan terhadap eksistensi guru yaitu pemerintah yang meningkatkan kesejahteraan guru yang bertujuan untuk pencapaian kemakmuran bangsa secara tidak langsung dan pemerintah yang hanya mengoptimalkan peran guru tanpa melihat kesejahteraan guru. Peran pemerintah terhadap eksistensi guru sangat penting terhadap kemajuan suatu bangsa. Ketika peranan pemerintah indonesia berperan dalam menaikkan syarat nilai kelulusan maka akibat yang terjadi adalah kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum guru yang akhirnya menghancurkan citra guru. Memang terlihat ironis ketika seorang guru sebagi pendidik melakukan pembelian soal ujian akhir untuk membantu meluluskan siswanya dengan cara yang tidak baik, bahkan ada juga yang bertujuan untuk menjaga reputasi sekolah padahal hal seperti itu merupakan tindakan yang sangat menjatuhkan citra tenaga pendidik.
Pemerintah harus cerdas dalam memberikan kebijakan terhadap guru, terlebih pemerintah juga harus mementingkan peranan guru seperti halnya jepang yang telah terbukti menjadi Negara maju karena mengedepankan peranan guru dibandingkan yang lain. Tanggal 25 november adalah hari guru nasional, kita akan lihat sebesar apa peran pemerintah terhadap eksistensi dan peran guru. Apakah ada suatu hal yang dilakukan pemerintah untuk menjadikan bangsa ini semakin maju melalui guru atau tidak sama sekali?.
Pemerintah memegang peranan yang sangat penting terkait dengan peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan suatu bangsa akan ditentukan oleh seberapa besar kualitas tenaga pengajar. Kualitas ini yang akan menentukan berhasil atau tidaknya pencapaian kemakmuran bangsa. Dalam kenyataannya kuaitas guru dalam pengajaran akan menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Di Indonesia, jumlah tenaga pengajar kurang banyak, sebagian besar lulusan perguruan tinggi yang menjadi guru berada di pulau jawa padahal di luar pulau jawa kekurangan guru. Seharusnya seorang guru siap untuk ditempatkan dimana saja, baik atau kurangnya kualitas pendidik salah satunya dapat terlihat ketika seorang pendidik tidak siap untuk ditempatkan di suatu tempat. Dengan permasalahan seperti ini pemerintah harus bijak dalam menentukan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Pada akhirnya, dalam meningkatkan kualitas guru dan mutu pendidikan yang bertujuan untuk pencapaian kemakmuran suatu bangsa maka diperlukan peranan pemerintah yang bijak, cerdas dan tepat sasaran.

No comments:

hard rock bali

hard rock bali