11 December 2007

Spirit For Indonesia to Eliminate Corruption, Collusion and Nepotism

Indonesia adalah salah satu negara di Asia tenggara yang berada pada jamrud katulistiwa yang membentang dari sabang sampai merauke yang diapit oleh 2 benua dan 2 samudera sehingga menjadikan negara ini kaya akan kekayaan alam dan corak budaya yang beraneka ragam sehingga membuat iri bangsa-bangsa lain. Selain itu, Indonesia sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar ke-4 dan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia tentunya menyimpan banyak potensi sumber daya manusia yang besar dan perlu digali dan dikembangkan.
Kita ketahui bahwa orde baru yang dipimpin oleh Soeharto telah membawa negara kita menjadi negara yang pertama kali mengalami swasembada beras dan menjadi Macan Asia. Ketika itu Indonesia mengalami masa-masa kejayaan yang menjadikan Indonesia sangat berpengaruh kuat di ASEAN. Memang pada saat orde baru semua terasa aman dan makmur namun di balik itu semua terdapat kebusukan–kebusukan seperti KKN dilakukan para elit politik, bahkan KKN yang dilakukan para elit politik hingga pemerintahan daerah pun merasa aman untuk melakukannya. Dapat dikatakan ketika masa orde baru KKN yang dilakukan oleh para pejabat sangat hati-hati dan bersih.
Era reformasi KKN mulai terkenal dan praktik-praktik KKN di era orde baru mulai terbuka, lapisan masyarakat Indonesia marah dan sangat memerangi korupsi. Dalam buku saku KPK dikatakan bahwa tindak pidana korupsi dibagi kedalam beberapa kelompok dan dalam kelompok tersebut ada pasal-pasal yang mengaturnya antara lain kerugian keuangan Negara, suap-menyuap, penggelapan dalam jabatan, pemerasan, perbuatan curang, benturan kepentingan dalam pengadaan dan gratifikasi. Kelompok-kelompok tersebut mencerminkan perilaku yang seperti apa yang dapat dikatakan sebagai korupsi.
Memang Indonesia telah mengalami krisis multidimensi yang perlu waktu untuk memperbaiki semuanya namun semau itu akan terlaksana jika semua elemen masyarakat dapat membantu mengawasi dan menghilangkan korupsi. Modal sosial dapat membantu menghilangkan KKN. Dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang memeluk agama islam semestinya menjadikan spirit untuk Indonesia dalam membasmi KKN.

No comments:

hard rock bali

hard rock bali